Minggu, 26 November 2017

Penyemprotan jentik nyamuk/Pooging

Menghadapi datangnya musim hujan,wilayah RT.003/01 berbenah diri dan bersih-bersih di lingkungan dengan melaksakan penyemprotan sarang nyamuk untuk mencegah datangnya penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk aedes agypti.
Penyakit DBD adalah penyakit menular yan disebabkan oleh virus   dengue  yang  masuk  ke tubuh manusia. Penyakit  ini tergolong  ganas karena  dapat menimbulkan kematian  pada penderitanya  dalam  waktu cukup singkat  akibat terjadinya pendarahan  syok hebat.  Namun yang menjadi  lakon utama dalam penyebaran virus dengue itu adalah nyamuk Aedes.


Ada dua jenis nyamuk pembawa virus dengue yaituAedes Aegypti dan aedes albopictusAedes Aegypti lebih utama dalam menyebarkan virus dengue dibanding aedes albopictus yang relatif  jarang.
Aedes aegypti umum berkembang biak di rumah penduduk. Ia bertelur dalam kontainer-kontainer buatan di kawasan rumah perkotaan dan pabrik, seperti : botol minuman, alas pot bunga, vas bunga, bak mandi, tong kayu dan logam, kaleng terbuka, cangkir plastik, aki bekas, wadah gelas, tumpukan kain, dan lain-lain. Aedes Agypti juga bisa bertelur di container alami seperti lubang pohon, ketiak daun, tonggak bambu, dan tempurung kelapa. Aedes albopictus lebih suka di kontainer alami seperti cekungan dahan pohon yang menampung air. Aedes albopictus sering ditemukan di kawasan perkebunan warga. Itu sebabnya, meskipun lingkungan rumah cukup bersih, seseorang tetap bisa terserang DBD yang didapatnya dari nyamuk aedes albopictus yang berasal dari kebun-kebun warga.
Persamaan antara kedua nyamuk ini adalah sama-sama menyukai air bersih dan nyaris terdapat di seluruh Indonesia, pengecualian pada daerah yang mempunyai ketinggian lebih dari 1.000 meter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Sifat terbuka sang pemimpin

Jiwa Seorang pemimpin mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada seorang pemimpin yang bersifat baik dan lemah lembut,ada juga yang bersifat...